Belajar Teknik Dasar PowerPoint via Smartphone

Saung Kreasi - Belajar Teknik Dasar PowerPoint via Smartphone

Menyambung pembahasan tentang teknik mengedit gambar untuk blog pada artikel sebelumnya, kali ini Saung Kreasi akan berbagi tips teknik dasar cara membuat gambar infografis dengan menggunakan aplikasi PowerPoint dengan menggunakan handphone/smartphone.

Teknik yang akan saya bagikan ini boleh dibilang sangat sederhana sekali, karena hanya berupa pengenalan tingkat dasar bagi teman-teman yang sama sekali awam dengan aplikasi PowerPoint.

Baiklah langsung saja kita mulai pembahasannya.

Menyiapkan Aplikasi

Pertama-tama pastikan aplikasi PowerPoint sudah terinstal di hape, bila belum teman-teman bisa mengunduhnya di PlayStore atau IOS.


Membuat Teks Infografis
 
Setelah terinstal, silahkan buka aplikasinya, maka akan tampak halaman awalnya seperti terlihat pada gambar berikut ini.


Untuk mulai mengedit teks atau gambar, klik tanda + bertuliskan "New" Maka akan terbuka halaman baru dengan banyak pilihan template yang bisa kita gunakan untuk membuat gambar infografis. Pilih salah satu template yang dikehendaki. Jangan lupa tentukan juga lokasi penyimpanan file hasil editan seperti ditunjukkan oleh anak panah.


Memilih Template

Setelah memilih template, klik pada template sehingga muncul pilihan menu untuk memulai proses editing gambar. Untuk memunculkan menu utama klik gambar garis-garis di pojok kiri atas. Klik pada ikon pensil di pojok kiri bawah untuk memunculkan pilihan menu berikutnya, sedangkan ikon copy, paste, delete, hide dan share bisa dipilih sesuai kebutuhan.


Kemudian langkah selanjutnya adalah mulai belajar bagaimana cara membuat teks/tulisan sebagai langkah paling mendasar dalam membuat infografis. Caranya adalah dengan mengetuk dua kali pada teks yang terdapat dalam template.


Pada tahap ini terdapat beberapa ikon menu di bawah tulisan. Semua harus kita pahami satu persatu fungsinya (perhatikan gambar):

1. Ikon template/desain fungsinya untuk memilih atau mengganti desain.
2. Kotak pesan bisa digunakan untuk menulis pesan (memo box)
3. Tabel, untuk membuat tabel
4. Ikon untuk memilih gambar
5. Ikon shape, banyak pilihan shape untuk kelengkapan gambar
6. Kolom teks, untuk membuat tulisan baru.
Baca juga: Dimana Tempat Belajar Infografis?
Setelah semua ikon/lambang kita pahami,  kita bisa mulai membuat teks di area yang di tandai dengan garis tipis-tipis dengan lingkaran kecil di setiap sudutnya. Tarik lingkaran kecil untuk mengatur besar kecilnya kolom teks. Sedangkan tanda panah melingkar untuk mengatur kemiringan teks. Sedangkan untuk merubah ukuran font, jenis font dan warnanya, tap pada iKON yang ditunjukkan oleh anak panah.


Setelah gambar selesai dibuat, saatnya untuk menyimpan hasil kerja kita. Caranya sama seperti saat kita menyimpan file pada umumnya, bedanya format yang kita gunakan lambang project ini adalah dokumen berekstensi .pptx yang bisa kita edit kembali di lain waktu.

Sedangkan bila kita ingin menyimpannya dalam format .jpg atau gambar, maka pilih share, bisa kita simpan di e-mail atau WhatsApp dan pilih "picture" pada kotak dialog (lihat gambar)



Nah, sampai disini kira-kira sudah bisa dipahami? Bila masih bingung silahkan di baca ulang kembali dari awal yaa...

Ringkasan

Dari langkah-langkah tersebut diatas bisa digambarkan urutannya kira kira sebagai berikut:


Setelah memahami teknik dasar membuat gambar infografis menggunakan PowerPoint via smartphone ini, diharapkan nanti setiap postingan blog kita setidaknya disematkan minimal 1 buah gambar hasil karya kita sendiri.

Nah, sekian dulu untuk sementara bahasan mengenai Belajar Teknik Dasar PowerPoint via Smartphone kali ini. Di pembahasan berikutnya nanti, kita akan belajar bagaimana cara menggunakan "shape" untuk mempercantik tampilan gambar.

Selamat berkreasi!
Back To Top