Pendahuluan

Saung Kreasi - Pendahuluan

Blog ini ini saya tujukan buat para sobat yang mau belajar segala hal. Mulai dari Photografi tingkat dasar, art design, segala macam kreasi lainnya melalui pemahaman yang sederhana, simpel dan tidak njlimet.

Di internet banyak sekali situs yang membahas tentang dunia photografi, art design serta seni artistik lainnya, tapi kebanyakan bahasannya untuk mereka yang sudah mahir dan kurang bisa mewakili mereka yang masih awam.

Nah, buat sobat yang mau belajar segala hal mengenai dunia photografi dan turunannya namun masih sangat awam sekali maka disinilah tempatnya. Blog ini adalah tempat buat mereka yang sedang mencari tips photografi untuk pemula, yang baru saja mengenal dan ingin serius memahami photografi sebagai hobi atau memang baru saja membeli kamera dan belum tahu cara menggunakannya..

Apapun alasannya, kalau anda merasa masih pemula jangan malu untuk bertanya. Dalam blog ini kami kumpulkan beberapa artikel dasar yang semoga bisa membantu dalam memahami konsep dasar photografi. Bukan berarti selesai membaca artikel-artikel disini anda akan langsung jago memotret, bukan seperti itu, karena kalau ingin berhasil dalam belajar photografi atau apapun tetap butuh latihan yang cukup dan kemauan yang kuat agar bisa sukses.

Sebagai permulaan disini saya ingin menjelaskan tentang Pengenalan Dasar Photografi.

Photografi adalah ilmu, seni dan praktek membuat gambar tahan lama dengan merekam cahaya atau radiasi elektromagnetik lain, baik secara elektronik melalui sebuah sensor gambar, atau kimiawi dengan cara bahan peka cahaya seperti film maupun produk digital.
Baca juga: Belajar Photoshop Buat Pemula
Biasanya, lensa yang digunakan untuk memfokuskan cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan dari benda menjadi bayangan nyata pada permukaan peka cahaya dalam kamera. Dengan sensor gambar elektronik, ini menghasilkan muatan listrik pada setiap pixel, yang diproses secara elektronik dan disimpan dalam bentuk file gambar digital untuk tampilan berikutnya. Hasil emulsi photografi adalah gambar laten yang tak terlihat, yang kemudian secara kimiawi berubah menjadi gambar terlihat, baik negatif atau positif tergantung pada tujuan dari bahan photografi dan metode pengolahan. Sebuah citra negatif pada film secara tradisional digunakan untuk photografi menciptakan citra positif di atas dasar kertas, yang dikenal sebagai hasil cetak, baik dengan menggunakan pembesar atau dengan mencetak menggunakan mesin cetak photo biasa.

Photografi digunakan di banyak bidang ilmu pengetahuan, manufaktur (misalnya, photolithography) dan bisnis, serta penggunaan untuk seni, film dan produksi video, tujuan rekreasi, hobi, dan komunikasi massa.

Demikian uraian singkat tentang Pengenalan Dasar Photografi ini, semoga bermanfaat khususnya buat para sobat yang baru mau belajar dunia photografi tingkat dasar.
Labels: photografi
Back To Top